06

Jakarta - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menerima usulan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) untuk memajukan jam ganjil-genap. Pengaturan ganjil-genap yang diusulkan mulai pukul 06.00 WIB akan diuji coba pada Senin, 23 April.

"(Penerapan) Senin, 23 Maret, ganjil-genap. Selama seminggu dulu kita uji coba," kata Wakil Kepala Dishub DKI Sigit Widjatmoko saat dihubungi, Jumat (20/4/2018).

Sigit menuturkan penerapan ganjil-genap berdampak positif karena bisa mengurangi kemacetan hingga 20 persen. Dia optimistis dimajukannya jam ganjil-genap akan semakin mengurangi kemacetan.

Baca juga: >Polisi Setuju Usulan Jam Ganjil-Genap Dimajukan

"Otomatis (mengurangi macet), kan pergerakan orang berubah. Opsinya kan dia berangkat lebih pagi atau dia shifting ke angkutan umum. Kalau bicara kemarin turun di atas 20 persen, makanya dia minta ditambah. Kalau Jakarta tambah durasi satu jam mereka optimis ini akan bisa lebih signifikan di peak hour," jelasnya.

Sigit menambahkan, selama uji coba pengaturan waktu ganjil-genap pada pukul 06.00 WIB tersebut, tidak akan dilakukan penilangan terhadap pengendara.

Baca juga: >Jelang Asian Games, Ganjil-Genap di Jakarta akan Diperluas

"Selama uji coba, kita tidak melakukan penindakan dalam bentuk represif. Tilang tidak kita lakukan sampai fix (diterapkan)," sebutnya.

BPTJ sebelumnya mengusulkan agar jam ganjil-genap di jalan protokol Jakarta dimajukan.

"Saya tidak cukup puas, karena saya ingin lancar sampai Sudirman-Thamrin, sekarang kendaraan dari Bekasi dan Jagorawi numpuk di Cawang. Kami koordinasikan dengan Dishub DKI agar jamnya dimajukan jadi jam 06.00 agar terurai kemacetan di Cawang," kata Kepala BPTJ Bambang Prihartono kepada

detikcom, Selasa (17/4).

(fdu/mea)

Source : https://news.detik.com/berita/3981704/ganjil-genap-dimajukan-pukul-0600-wib-diuji-coba-senin

Ganjil-Genap Dimajukan Pukul 06.00 WIB Diuji Coba Senin
Ganjil-Genap di DKI Mulai Senin Pukul 06.00
Mulai Senin Gage di Sudirman-Thamrin Dipercepat Dari Pukul 06:00
Sandiaga: Catat, Ganjil Genap Pukul 06.00 WIB Diuji Coba Senin
$0.06 EPS Expected for Endeavour Silver Corp. (EDR)
Ganjil-Genap di Jakarta Dimajukan Pukul 06.00
Surya Pertiwi menargetkan perolehan dana IPO hingga Rp 1,06 triliun
Sebanyak 50 Persen Pengendara Pilih Masuk Tol Tangerang Sebelum Pukul 06.00
Cadangan Devisa Tergerus US$2,06 miliar
Randwick home up $2.06 million in value over five years
[LIMITED STOCK!] Related eBay Products